Selasa, 31 Januari 2012

TIPS MELATIH INGATAN YANG KUAT

Saat menghadapi ujian, tentu antum ingin agar apa yang sudah dibaca n dihafalkan itu bisa terekam secara kuat n melekat di otak. Sehingga, hasil kerja berpayah-payah bisa antum nikmati saat membutuhkannya. Nah, berikut ini kami posting beberapa tips supaya ingatan antum menjadi kuat alias ga cepat lupa:

1.   Memperhatikan keterangan dan memahami pelajaran, dengan menghubungakn antara bagian-bagian pelajaran. Cukup dengan membaca secara global, selanjutnya mengulangi beberapa kali.

2.   Berlomba-lomba menjawab soal-soal di waktu kosong bersama teman-teman

3.   Melakukan pendalaman dengan berbagai variasinya, sambil mengulang bacaan secara cepat pada setiap kesempatan

4.   Melatih kekuatan pengamatan dengan membiasakan diri memperhatikan segala sesuatu dengan semangat. Karena tenyata, dengan menumbuhkan kekuatan mengamati, hasilnya akan lebih baik daripada usaha menghafal  dengan berbagai bentuknya.

5.   And yang paling penting, biasakan membaca doa berikut setelah selesai belajar:


َاللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَوْدِعُكَ مَا قَرَأْتُ وَمَا حَفِظْتُ فَرُدُّهُ عَلَيَّ عِنْدَ حَاجَتْىْ إِلَيْهِ 
إِنَّكَ عَلَى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ وَاَنْتَ حَسْبِىْ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ

“I entrust You with what I have read and studied. Let me remember when I am in need of it do as You shall wish. You are my Protector and The Best of Aid.”

“Ya Allah, akku titipkan apa yang telah aku baca dan hafalkan kepadaMu. Maka kembalikanlah ingatanku ketika aku membutuhkannya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkaulah Pelindungku dan Penolong Terbaik bagiku”

Nah, mudah kan? Namun, tentu saja keberhasilan ini tergantung dari usaha n keinginan yang kuat dari antum. Kalau terus berlatih dengan penuh kesabaran dan ketekunan, pasti ingatan makin terasah dan cemerlang. Sebaliknya, kalau antum ga punya dorongan untuk melatih daya ingatmu, tentu antum akan kedodoran menjaga ingatan. Ok, selamat mencoba ya!
(diolah dari berbagai sumber)
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar